Fungsi Gudang Dalam Sistem Logistik Perusahaan

Spread the love

Dalam sebuah usaha terutama usaha jual beli ataupun usaha produksi barang itu sangat membutuhkan yang namanya gudang. Gudang menjadi salah satu unsur yang sangat esensial pada sebuah perusahaan dan bisa dibilang sebagai bagian yang vital. Jadi bagi para pelaku usaha yang namanya gudang itu tidak bisa disepelekan, karena memiliki fungsi yang sangat besar dan sangat penting. Pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan apa saja sih fungsi dari gudang itu sendiri dalam sebuah perusahaan.

Menyimpan Bahan Baku Dan Produk

Fungsi yang pertama dan yang paling utama itu adalah untuk menyimpan barang yang berhubungan dengan perusahaan. Biasanya gudang itu akan menjadi tempat untuk menyimpan produk yang nantinya akan dijual oleh perusahaan tertentu. Bisa produk yang dihasilkan oleh perusahaan itu sendiri atau juga produk dari produsen lain yang nantinya akan kita jual. Jadi pada dasarnya ini menjadi salah satu tempat untuk menyimpan sementara produk yang akan dijual oleh perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.

Gudang dalam perusahaan itu bukan hanya untuk menyimpan produk jadi saja lho, bisa juga untuk tempat menyimpan bahan baku. Biasanya perusahaan yang memproduksi barang sendiri tentunya akan membutuhkan bahan baku, dan tentunya dalam jumlah yang besar. Jadi bahan baku sebelum di proses itu akan disimpan dulu dalam gudang, baru nanti akan dikeluarkan sesuai kebutuhan produksi. Jadi jelas kalau memang gudang itu memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan agar bisa berjalan dengan lancar.

Sebagai Pusat Distribusi

Fungsi yang kedua adalah sebagai pusat distribusi barang ataupun produk yang akan dijual langsung kepada konsumen dari produk tersebut. Ini biasanya dipakai oleh perusahaan yang cukup besar, di mana perusahaan tersebut akan menempatkan gudang tertentu di luar kota. Biasanya ketika permintaan akan produk sudah cukup besar, perusahaan akan menyediakan gudang di kota tersebut untuk menjadi pusat distribusi di kota tersebut. Jadi dari gudang pusat akan dikirim ke gudang di kota lain itu untuk kemudian disebarkan lagi ke konsumen.

Tujuan dari penggunaan gudang tambahan untuk kota tertentu itu adalah untuk efisiensi dalam distribusi produk sampai ke luar kota. Karena itulah biasanya untuk menggunakan konsep seperti ini biasanya ada syarat permintaan produk dengan nominal tertentu dalam satu kota. Konsep ini pun akan bisa dipakai untuk menampung jumlah produk yang lebih banyak, sehingga produksi bisa dimaksimalkan untuk bisa memperoleh keuntungan yang lebih besar. Ini menjadi salah satu fungsi dari gudang bagi perusahaan.

Sebagai Terminal Konsolidasi

Fungsi yang terakhir adalah sebagai tempat konsolidasi bagi perusahaan, untuk efisiensi dalam distribusi produk. Terminal konsolidasi sendiri artinya adalah sebuah titik khusus yang menjadi tempat pengumpulan berbagai produk dari beberapa pabrik. Dan ini akan sangat membantu sekali bagi retailer untuk bisa mendapatkan berbagai macam produk dan itu akan menjadi sistem distribusi yang efisien. Berikut ini kami akan jelaskan simulasinya mengenai konsep sebagai terminal konsolidasi itu.

Misal ada pabrik A menghasilkan biskuit, lalu ada pabrik B menghasilkan produk minuman, dan pabrik C menghasilkan produk snack. Nah retailer membutuhkan semua produk tersebut, dan gudang bisa menjadi tempat konsolidasi pengumpulan semua produk tersebut. Jadi retailer tinggal data ke gudang itu saja untuk mendapatkan barang tersebut. Cara seperti ini tentu akan sangat menghemat waktu dan juga biaya dalam sebuah distribusi barang.